Bangunan BSD Penuh Perhitungan Fisika

BSD atau singkatan dari Bumi Serpong Damai merupakan sebuah kota modern yang terletak di kecamatan Serpong, Tangerang Selatan. Kota yang penuh dengan perencanaan akan pembangunannya tersebut pertama kali diresmikan pada tanggal 16 Januari 1984 silam.

BSD Serpong

Seluruh bangunan di BSD Serpong dibangun dengan penuh perhitungan fisika

Seiring perkembangan zaman, BSD menjadi kota yang mandiri, dengan sejumlah fasilitas yang tersedia, mulai dari kawasan perkantoran, perdagangan, kawasan industri, lokasi wisata, pendidikan dan juga perumahan.

Pembangunan berbagai fasilitas tersebut tidaklah dikerjakan dengan perhitungan yang semata-mata hanya mementingkan sebuah keindahan saja, tanpa memperhatikan kualitas maupun kekuatan sebuah bangunan itu sendiri. Seluruh gedung yang terletak di kawasan BSD dirancang dengan penuh perhitungan fisika yang sangat matang oleh para arsitektur ternama.

Ilmu fisika sangatlah penting dalam proses pembangunan sebuah gedung. Di dalam ilmu pengetahuan tersebut, terdapat tatacara bagaimana mendirikan bangunan. Terlebih untuk membangun bangunan pencakar langit, harus memperhatikan berbagai hal, mulai dari kekuatan tanah sebagai pondasi, kekuatan angin di level atas maupun bawah, hingga koefisien bangunan.

Sehingga tidak heran, banyak bangunan yang berdiri di wilayah BSD Serpong, Tangsel sangat kokoh berkualitas dan bahkan bangunan yang sudah berusia lima hingga sepuluh tahun masih sangat kekar berdiri. Tentu itu tidak terlepas dari perhitungan para fisikawan yang handal dibindangnya.

Tertarik Menjadi Seorang Arsitek? Pelajari Fisika

Dalam mendirikan sebuah gedung pencakar langit, maupun bangunan tempat tinggal, kantor dan lain sebagainya, terdapat peran penting seorang arsitek didalamnya. Karena arsitek merupakan seseorang yang mempelajari ilmu Arsitektur, yaitu seni yang digunakan setiap individual untuk menyalurkan imajinasi mereka ke dalam bentuk sebuah bangunan.

Arsitek

Jasa Arsitek sangat berguna dalam proses pembangunan sebuah bangunan

Di dalam ilmu arsitektur, terdapat beberapa atau merupakan gabungan dari sejumlah ilmu dasar, seperti matematika, fisika dan kimia, serta lain sebagainya. Namun, dari beberapa ilmu tersebut, ilmu fisika yang menjadi bagian terpenting dalam menjadikan seseorang sebagai arsitek.

Jadi, apabila kalian bercita-cita untuk menjadi seorang arsitek yang profesional dan handal, maka kalian harus menguasai dengan baik dan benar ilmu yang berada didalamnya, termasuk fisika. Karena, di dalam ilmu fisika, terdapat bagian mata pelajaran yang mempelajari tata ruang sebuah bangunan.

Ilmu fisika sangatlah mudah dipelajari, meskipun sebagian dari kita hanya menyukai kegiatan menggambar dan kurang suka dengan perhitungan. Namun, seorang arsitek dituntut untuk menguasai teknik baik dalam menggambar maupun perhitungan angka.

Untuk mempelajari ilmu fisika supaya mudah, maka kalian harus memperhatikan beberapa metode dasar dalam mempelajarinya. Berikut ini sejumlah teknik mudah untuk kalian menguasai ilmu fisika.

Cara Mudah Menguasai Ilmu Fisika

  • Kuasai Terlebih Dahulu Teknik Perhitungan

Dalam urusan hitung-menghitung yang melibatkan angka, maka sebaiknya kalian menguasai teknik dasar perhitungan, yaitu pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Ada baiknya juga kalian terus mengasah kemampuan tersebut dengan berlatih setiap harinya.

Ilmu Fisika

Ilmu fisika mudah dipelajari dengan berbagai teknik

Cara mudah untuk menguasai teknik perhitungan yaitu, hafal dan latih tekniknya mulai dari bilangan kecil, yakni 1 sampai 10. Setelah itu, berlanjut ke suatu bilangan yang lebih tinggi.

  • Rumus Fisika dan Pengaplikasiannya

Teknik selanjutnya apabila kalian telah menguasai metode yang pertama, maka kalian harus mengetahui berbagai rumus fisika dan tentu saja pengaplikasiannya.

Ilmu fisika tidak berbeda jauh dengan matematika yang penuh dengan rumus. Sehingga, kalian harus menguasainya untuk mempermudah dalam memecahkan permasalahan di bidang fisika. Caranya, yaitu kalian cukup menuliskan semua rumus beserta fungsinya ke dalam kertas kecil.

Sehingga, dengan kertas yang berukuran kecil, maka mudah dibawa kemana-mana dan mudah juga untuk menghafalkannya.

Comments are closed.

Post Navigation